Breaking News
Loading...
Sabtu, 24 Mei 2014

Cara Mudah Membuat RSS Feed Blog di Feedburner

18.29

Cara Mudah Membuat RSS Feed Blog di Feedburner

Logo FeedBurner, penyedia layanan RSS yang sering digunakan para Blogger (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')
Cara Membuat RSS Feed di Blog - Sedikit penjelasan, RSS merupakan singkatan dari Really Simlpe Syndication, yaitu sebuah sistem yang berguna untuk mengantarkan posting baru kepada pembaca blog (yang tentunya telah mengikuti RSS Feed). Sehingga, mereka akan segera tahu apabila blog yang mereka ikuti memiliki posting baru. 



Oke, to the point. Untuk Anda yang sudah tidak sabar membuat RSS Feed blog dengan FeedBurner, silahkan ikuti langkah - langkah berikut.
1.     Masuk ke feeds.feedburner.com. Login dulu jika Anda belum login ke akun Google Anda.
2.     Anda akan dibawa ke halaman utama FeedBurner. Perhatikan gambar berikut


Pada kotak diatas, masukkan http://Alamat URL/feeds/posts/default (ganti url yang berwarna biru dengan alamat blog Anda). Kosongkan centang pada I am a podcaster!. Lalu, klik Next >>.
3.     Anda akan dibawa ke halaman konfigurasi feed. Anda dapat mengubah beberapa pengaturan yang ada disana. Diantaranya :
Feed Title : Memberikan judul pada RSS Feed blog Anda. Judul ini nantinya akan tampil di title bar browser Anda. Anda dapat mengubahnya, atau membiarkannya.
Feed Address : Merupakan url yang digunakan untuk mengakses RSS Feed blog Anda. Gantilah sesuai dengan keinginan, atau biarkan saja.
Setelah dirasa cukup, klik Next >>.
4.     Pada langkah selanjutnya (dengan judul Congrats! ...), klik saja Next >>. Oh, iya. Jika Anda ingin melihat preview RSS Feed Anda, silahkan klik url yang berawalan http://feeds.feedburner.com/[url pilihan Anda].
Langkah selanjutnya dalam membuat RSS Feed untuk blog (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')
5.     Di langkah selanjutnya, Anda dapat menambahkan beberapa opsi pada RSS Feed Anda. Atau, untuk lebih simpelnya, klik saja Next >>.
Selamat! Anda telah memiliki RSS Feed Blog Anda sendiri! Tentu saja langkah selanjutnya adalah memasang RSS Feed di blog Anda. Caranya? Ikuti langkah berikut.

Catatan : Dalam contoh dibawah akan dibahas cara memasang RSS Feed dengan sistem langganan via e-mail, dimana pengunjung blog akan diminta memasukkan alamat e-mail mereka untuk mengikuti RSS Feed.
1.     Dari langkah sebelumnya, klik tab Publicize, lalu klik link Email Subsciptionsyang ada di kiri.
2.     Klik tombol Activate (yang ada di pojok kiri bawah). Untuk langkah nomor 1 dan 2, silahkan lihat gambar dibawah.
Cara memasang RSS Feed di Blog - Langkah pertama dan kedua (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')
3.     Tunggu hingga muncul tulisan seperti gambar berikut. Itu artinya layanan RSS via e-mail sukses diaktifkan. 
Cara memasang RSS Feed di Blog - Langkah selanjutnya dalam memasang RSS Feed di blog (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')
4.     Masih pada window yang sama, scroll kebawah, dan klik tombol Save.
5.     Lanjutkan dengan membuka Blogger, dan masuk ke Tata Letak.
6.     Klik Tambahkan Gadget ditempat dimana Anda ingin memasang kotak berlangganan RSS via E-Mail.
 
Langkah - langkah membuat form langganan RSS via E-Mail  (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')
7.     Pada window baru yang muncul, klik Ikuti lewat E-Mail.

Pilih Ikuti lewat E-Mail untuk membuat form langganan via e-mail. (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')
8.     Ganti isian Judul dengan judul yang Anda inginkan. Misalnya: Dapatkan Update Terbaru Via E-Mail!


9.     Sebagai langkah penutup, klik Simpan. Klik pula Simpan setelan pada jendelaTata Letak.

Kini, pengunjung blog dapat berlangganan RSS Feed Anda. 
Semoga bermanfaat ^^

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer